Looking for something ?

Basic Understanding : Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi

A.    Pengertian

Sistem Operasi adalah suatu Software (perangkat lunak) yang berfungsi untuk mengatur seluruh sumber daya Komputer diantaranya Hardware, program aplikasi, dan User untuk menjadi system yang dapat bekerja dengan baik. Jadi, fungsi System Operasi adalah sebagai Interface (jembatan penghubung) antara computer (dengan bahasa mesinnya) dan User.

B. Pembagian Sistem Operasi
Pada dasarnya pembagian Sistem Operasi ada 2 jenis yaitu Sistem Operasi berbasis TEXT dan GUI.
Contoh Sistem Operasi yang berbasiskan TEXT adalah Linux, UNIX, dan DOS. Sedangkan contoh Sistem Operasi yang berbasiskan GUI adalahWindows, Linux, Mac., Dll.

C. Instalasi Sistem Operasi
1. ISOTEXT
Dalam hal ini, Sistem Operasi text yang Tim Penyusun bahas adalah DOS (Disk Operating System)


DOS (Disk Operating System)

DOS (Disk Operating System) adalah system operasi pertama yang dijalankan pada computer IBM PC kompatibel. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. Saat ini, meskipun Microsoft telah mengeluarkan Windows yang lebih user-friendly, tetapi aplikasi DOS tetap disertakan.
Seperti yang telah dijelaskan diatas, DOS merupakan sebuah system operasi yang bersifat single-user dan mono-tasking. DOS tidak membedakan antara penulisan command dengan huruf kecil maupun kapital.




_ Instalasi DOS
Langkah-langkahnya sbb :
1. Siapkan diskette source DOS (ada 3 buah)
2. Masukkan diskette #1, kemudian booting computer. (tekan Ctrl+Alt+del atau tombol reset)
3. Sistem akan masuk ke menu setup, Ikuti petunjuk yang ditampilakan di layer.

_ Command (perintah) DOS
Bila kita hidupkan computer yang memiliki system operasi DOS, maka kita akan melihat di layar :
C:\>
Inilah yang disebut Command Prompt
Command Prompt memiliki Internal dan Eksternal Command.

_ Instalasi Aplikasi Berbasis DOS
Pada umumnya aplikasi berbasis DOS dapat langsung dijalankan hanya dengan proses copy. Proses yang ada biasanya adalah ekstrasi dari source yang terkompresi menjadi file yang langsung dapat dijalankan.

2. GUI (Graphic User Interface)
Dalam pembahasan ini, contoh Sistem Operasi yang Tim Penyusun bahas adalah WINDOWS.

WINDOWS

Dibandingkan dengan DOS, WINDOWS jauh lebih diminati karena kemampuannya yang lebih handal. WINDOWS didesain sebagai SO yang sangat users-friendly. Bandingkan dengan DOS di mana kita harus mengahapal perintah- perintah yang ada. Demikian pula dalam hal tampilannya yang berbasis grafis. WINDOWS juga adalah OS yang dirancang sedemikian rupa sehingga user yang belum kenal computer sama sekali dalam waktu singkat dapat mengoperasikan computer. Selain itu, WINDOWS juga memiliki kemampuan multitasking, sehingga user akan dapat lebih menghemat waktu untuk menjalankan beberapa aplikasi.
Windows Operating System ini diproduksi oleh sebuah perusahaan software terbesar di dunia untuk saat ini, yaitu MICROSOFT. Untuk mendapatkan Windows Operating system ini kita harus membelinya dengan harga yang relative sangat mahal (bila versi Windows OS nya resmi).

_ Instalasi WINDOWS
Untuk dapat menggunakan Windows, hal yang pertama kali kita lakukan adalah menginstal Windows tersebut pad PC yang akan digunakan. Untuk penginstallan ini, kita dapat menginstallnya dari CD source Windows ataupun antar Harddisk dan bisa juga lewat jaringan.
Pada proses peng-installan, kita harus mencari file “setup.exe” , lalu jalankan file tersebut dan ikutilah langkah-langkah yang ditampilkan pada layar monitor PC anda (wizard). Setelah selesai meng-install, maka akan ada penyesuaian setting dan konfigurasi pada PC anda. Seperti ; konfigurasi hardware, tanggal dan jam dll.

Windows yang telah terinstal hanyalah sebuah Operating system bagi PC. Jadi, untuk berbagai keperluan lain seperti Software-software aplikasi yang akan kita gunakan, kita harus meng-installnya terlebih dahulu.



##---------------------------------------------------------------------------------##


TEXT VS GUI

Kemudahan- kemudahan yang tersedia pada Sistem operasi berbasis GUI lebih menarik minat dan memudahkan user dalam pengoperasian sebuah PC. Namun di lain sisi, Sistem operasi berbasis TEXT masih banyak diminati oleh user.








TEXT
GUI
Segala kegiatan mengunakan
command berupa text yang diketik
user.
Kegiatan lebih sederhana (simple)
dengan hanya click pada mouse.

Tampilan sederhana, jadi tidak
memerlukan fasilitas pendukung yang terlalu
banyak.
Tampilan lebih menarik dan membutuhkan
fasilitas yang memadai.

Lebih user-friendly

Lebih mudah digunakan

Tersedia fasilitas shortcut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Whatever you do, or DREAM you can, BEGIN it, Boldness has genius, power, and magic in it.