Looking for something ?

Introduction : Programming (Algoritma & Pemrograman)

A.  Pengertian Algoritma

Algoritma adalah suatu logika berupa suatu proses untuk mendapatkan suatu hasil. Proses tersebut merupakan tahapan – tahapan logis yang harus dipenuhi. Algoritma tidak hanya berlaku untuk komputer, tapi juga dalam berbagai bidang kehidupan.
Algoritma dalam ilmu komputer dapat diartikan sebagai urutan – urutan yang logis dan tepat dalam memecahkan masalah dengan menggunkan komputer melalui perantara bahasa komputer yaitu Bahasa Pemrograman. (Referensi : http://www.nusinau.com)

B.  Bahasa – Bahasa Pemrograman

-    PengertianBahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer berupa sekumpulan instruksi (syntax) yang berfungsi untuk memecahkan masalah. Bahasa tersebut biasanya digunakan manusia dalam menciptakan sebuah program. Bentuk Bahasa Program itu sangat lah logis dan terstruktur, karna itu Bahasa Pemrograman biasanya dikenal dengan Bahasa Formal.

-    Contoh – Contoh Bahasa PemrogramanBahasa Pemrograman yang dikenal dan dipakai oleh pengguna komputer sangatlah banyak. Beberapa diantaranya sedang populer dan juga banyak diminati akhir – akhir ini.
Misalnya: Java , Bahasa C, C ++, C#, Visual basic .NET, PHP, Phyton, Perl, Pascal, Javascript, AJAX, Ruby, Delphi, dan lain lain.
Sejauh ini, Bahasa Pemrograman terbagi menjadi 5 Generasi. Dan setiap generasi memiliki karakteristik sendiri.

-    Tingkatan Bahasa Pemrograman

•    Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.
•    Bahasa pemrograman tingkat menengah, merupakan bahasa pemrograman yang sudah mulai dapat dipahami karena penggunaannya mendekati bahasa sehari – hari. Contoh “MOV” (MOVE). Bahasa tingkat ini dikenal dengan bahasa Assambler.
•    Bahasa pemrograman tingkat tinggi, merupakan tingkatan bahasa yang sangat terstruktur dan mudah dipahami serta sudah banyak digunakan di zaman modern ini.
(Referensi: http://teknik-informatika.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Whatever you do, or DREAM you can, BEGIN it, Boldness has genius, power, and magic in it.