Looking for something ?

Pasar dan Ibu - Ibu

Hi guys !

hari ini gw mulai cerita gw. karena yah kebetulan mood gw lagi bagus buat cerita.
Ok. Ini dimulai dari kegiatan gw pagi - pagi yang mengikuti ajakan nyokap buat belanja.

jadi ceritanya beberapa ibu - ibu yang rumahnya saling berdekatan dikomplek perumahan gw berencana ngadai ruwahan buat nyambut bulan ramadhan.
intinya, mereka sepakat bakal ngadain acara masak bareng, karena itu mereka iuran dan belanja bareng.

Bokap gw akhirnya rela nyupirin para ibu - ibu buat belanja.
Nyokap gw bersama gank nya memilih belanja bukan di mall buat bahan masakan.
Mereka memilih belanja di pasar tradisional yang bahan - bahannya masih jauh lebih segar daripada di mall.
Terlebih lagi harganya jauh lebih murah. menurut gw, harga murah adalah alasan kenapa para ibu semangat belanja sumpek - sumpekan di pasar. Bahkan tak jarang mereka rebutan dan jika berhasil, mereka puas dan tertawa bahagia.
tak lupa hal ini akan jadi bahan pembicaraan kalau tugas- tugas rumah para ibu sudah selesai. Its like...
coffee time buat bapak - bapak, kalau buat ibu - ibunya its like... Gosip time. hahaha

Setelah nyampe di pasar tradisional,rupanya sudah rame, padahal masih jam 7 pagi kurang.
Kata bokap gw, ini sih belum rame karena bukan hari libur.
Hm biasanya kalo libur nih pasar lebih rame lagi.


Menurut hemat gw, ini disebabkan karena para suami.
Mungkin saja para suami yang bekerja dikantor ga bakalan sempat nganterin istrinya belanja makanan murah dan segar di pasar pagi - pagi. Mereka akan telat ke kantor, apalagi kalo disuruh ikutan nemenin belanja. Sumpek - sumpekan, kotor - kotoran, panas - panasan dan lain lain.Bokap gw kebetulan hari ini sedikit berbeda.

hahaha lucu juga.
Pasar tradisional adalah pasar dimana bisa merubah para bapak menjadi seperti wanita yang mengeluh terhadap kesumpekan, kotor dan panas- panasan.
Padahal, wanita lah yang biasanya anti dengan hal - hal seperti itu.

Pasar tradisional adalah tempat dimana para ibu berubah menjadi kuat, tegar dan teguh seketika. wakakakakakak

Next.

Setelah parkir mobil which is tempatnya bukan tempat khusus parkir, gw langsung mengerenyitkan dahi.
Bokap gw langsung paham. tempat parkir liar beginian pasti bau pesing.
lalu bokap bilang, "orang pasar ini begitulah, pipis sembarangan. Mana ada WC disana. tempat parkir sasarannya".

gw mengangguk. Orang pasar yang dimaksud bokap pasti berjenis kelamin pria kan?
Apa mungkin ibu - ibu yang jualan dikaki lima itu kalau kebelet pipis juga jongkok ditempat seperti ini?
Gimana dengan yang nenek - nenek?
Ah, gw ga mau bayangin.
You know lah, pasar ini bejibun kaki limanya. It means tempat ini ga resmi dan tidak difasilitasi pemerintah.
Otomatis bangunan seperti WC Umum tidak akan ditemukan.
Jadilah tempat - tempat 'aman' sebagai WC Umum.

Tempat aman ini seperti tempat parkiran mobil, karena banyak mobil jadi ketutupan, aman.
Pepohonan, no no, jangan sekali - kali sandaran di pepohonan. Tidak aman,udaranya terkontaminasi pipis sejuta umat.
Lalu sekat - sekat kayu - kayuan ga jelas, ini jelas... bahkan dari jauh saja. bau najis itu tercium kentara sekali.

Cukup masalah bau pesing.

Begitu turun dari mobil, nyokap dan teman - temannya sudah bikin kesepakatan.
Mereka berpencar dan sudah memiliki misi masing - masing. Kok kaya apa gitu ya? wkwkwkwk misi masing - masing?!
Setelah teman - teman nyokap beranjak pergi, nyokap menlihat ke arah gw.

"Ikut ngga vit?" tanya nyokap gw.
Gw sih sebenarnya excited.
Lumayan buat nambah - nambah pengetahuan harga pasar, hehehe.
tapi tiba - tiba bokap gw angkat bicara.

"Gausahlah vit, jorok. kotor - kotor disana nanti. Becek. Basah ntar sepatumu"
gw melongo.

gw berpikir cepat.
"Trus aku masa nunggu dimobil sama ayah? Ayah mau kemana?"
"Kesana, liat - liat ke pasar second" jawab bokap gw.
pasar second itu pasar yang jual barang bekas impor dari luar negri kaya korea, jepang dkk.
yang jelas pasar itu kering, ga basah, ga sumpek dan ga jorok.
Well, gw juga excited.
Belum gw memutuskan, nyokap udah ngeloyor pergi.
Fine, gw pergi sama bokap aja.

Disana gw ngeliat banyak barang - barang second.
Hape - Hape murah, sepatu bermerk,barang elektronik lainnya, baju - baju dll.
Yang paling banyak sih baju - baju gitu.
Bagus - bagus sih, tapi tetep aja labelnya second.

kalau masalah harga beneran deh, ga berarti bekas itu murah banget.
Kdang ada juga yang mahal loh.

Menurut bokap, yang paling laris dicari itu celana - celana jins asli buatan amerika.
Kata bokap, "Itu bagus itu, kalau dijual ke jakarta malah lebih mahal"
Hm, iya juga... gw mengangguk.


Lalu gw liat ada kaki lima yang jualan parfum.
gw langsung ngasal nanya ke bokap "Ayah, ayah beli parfum ditempat kaya gitu ya?"
bokap gw sepenuh hati langsung menyangkal "enak aja ! ya enggalah !"
Hahaha....

Gw juga mampir ke stand pengobatan tradisional dengan lintah.
Gw berdebat sama bokap, bokap bilang itu ular.
Karena ukurannya terlalu besar untuk lintah.
Padahal jelas - jelas ditulis dipapan standnya kalau hewan tersebut adalah lintah.
Wew.

Pada akhirnya gw dan bokap cuma liat - liat doank dan ga beli apapun.
Seperti perkiraan gw, kalau sama bokap pasti ujung - ujungnya itu ngopi.
Warung kopi diBatam itu terkenal punya orang - orang tionghoa.
Mereka menyebutnya Kopi tiam.

Gw pun ikutan, bokap pesen kopi susu, gw pesen teh hangat.
Agak canggung juga gw, soalnya masalah tata cara memesan teh dibatam agak berbeda sedikit.

Disini, mesen teh es gabakal mudah dimengerti.
Lo kudu bilang, teh obeng. Hahaha
Artinya, teh manis pake es. gitu.

kalau mau teh hangat lo kudu bilang, teh O. gitu.

jadi gw ditanya...
Pelayan tionghoa (Pt) "pesen minum apa?"
bokap (B): kopi susu satu
gw (G) : teh hangatnya mbak..
Pt : Hah? teh? teh o?
G : eh? hah? ng.. teh hangat
Pt : teh o?
B : (mengoreksi gw) teh O !
Pt : oke.
G : (manggut-manggut)
Oh iya, lupa gw. hahaha
Udah setahun dijogja hal semacam ini bisa juga terlupa rupanya. Padahal ini adalah budaya masyarakat umum dibatam.

Kalo ngopi gak lengkap tanpa koran pagi. Begitulah, akhirnya bokap beli koran dan gw ikutan baca sambil ngeteh.
Hahaha, keren juga rasanya.
Gini nih kalau jalan sama bapak -bapak.
Kalau gw jalan sama nyokap mungkin lain lagi ceritanya.
Wwkwkwkwk
lain kali pasti gw bakal ganti peran buat nemenin nyokap yang belanja dan membiarkan bokap ngopi dan baca koran sendirian.
Ya supaya bisa ngerasain peran semuanya, hehe.

Yak ! begitulah gw dan bokap menunggu.
Sampai akhirnya nyokap selesai belanja bersama teman - temannya.
Benar seperti dugaan gw, mereka tertawa senang karena harga beli di pasar murah - murah
dibanding warung sayur dikomplek perumahan.
Mereka heboh menceritakannya selama perjalanan pulang.
Sebelum pulang kita sempet sarapan mie ayam.
Dan pada saat itulah, pembahasan harga, gosip dan lain - lain dimulai.
Perbincangan ibu - ibu. Coffee time ala ibu - ibu.
Hehehe

Setelah makan, salah satu ibu nyeletuk.
"Haduh, udah kenyang gini ibu - ibu pasti malas masak ini..."
"hahaha, iya iya..." sambut ibu - ibu lainnya.

Oh!
Jadi begitu, Gw jadi tahu !
Hahaha.
Dapat pengetahuan juga dengan pengalaman seperti ini.
Gw sendiri selese sarapan gini kok ikutan ngantuk yah?
hahaha...


hoam~~
:zzz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Whatever you do, or DREAM you can, BEGIN it, Boldness has genius, power, and magic in it.