Looking for something ?

Backpacker to Bandung ! (Part 2 : We Walk !)

Hola !

Berikut adalah ulasan perjalanan gw dan Bray Reza di hari ke 2 selama di Bandung. Gw kasih judul "We Walk !" -karena hampir seluruh waktu yang kita pakai untuk berjalan. Dan itu sangat menyenangkan, jelas sangat melelahkan !

Gedung Sate, Bandung

Setelah berpisah dengan Ulfah di Terminal Leuwi Panjang. Kita lanjut naik angkot kuning untuk menuju arah kebon jati. Kata Ulfah, kita kudu dua kali naik angkot. Pertama berhenti di Simpang Lima lalu lanjut lagi ke kebon jati.

Gw yang mengalami disorientasi arah yang parah banget ini pasrah sama Mas Navigator, Reza. Semenjak kemaren Reza matiin smartphone-nya, Kyoku, demi menghemat batre untuk mengakses GPS. Walaupun kita sudah membekali diri dengan Peta dan Info Jalur Angkot dari download-an Internet, ternyata info tersebt tidak cukup lengkap.

Selama di angkot, gw kebanyakan diem aja. Selain karna cape, gw juga di jutekin sama Reza. Ternyata si Mas Navigator ini galak banget kalau lagi mencari arah dan tujuan, *halah... Alasannya sih, lagi konsen, dan lain lain. Tapi tetep aja gw kan jadi bete banget sumpah -___- yang tadinya gw niat tanya-tanya atau ngobrol, jadinya gw banyak-banyak berdoa aja supaya cepet sampe tujuan.

Tempat yang kita tuju adalah Homestay By Moritz di daerah Kebon Jati.

Ongkos Angkot dari Terminal Leuwi Panjang - Simpang Lima @ Rp.4000. Dan ongkos lanjutan angkot dari Simpang Lima ke Kebon Jati @ Rp. 3000.

Setelah sekitar 10 menit berjalan, dan dengan panduan Mas Navigator featuring GPS, akhirnya kita nemu Penginapan Homestay By Moritz. Lokasinya dan penampakannya cukup sederhana dan jangan kaget dengan resepsionisnya :)

Gw dapat info penginapan ini setelah riset. Homestay By Moritz ini rating harganya cukup murah dan lumayan nyaman. (4/5) lah. Dan Homestay ini sudah biasa digunakan para Backpacker. Untuk menginap semalem, kita memilih kamar dengan double bed dengan harga IDR Rp. 160.000 which is hitungannya berarti Rp.80.000 each person.

Kamar dilengkapi dengan TV, Kipas Angin dan Kamar mandi dengan Air Panas (Bawalah perlengakapan mandi termasuk sabun, sikat gigi dan handuk, tidak tersedia kayanya). Yah Worth Enough lahh~ :)

Setelah menaruh barang bawaan, kita langsung tepar dan bangun - bangun sudah jam 9 malam. Baru setelah itu bersih - bersih dan mandi lalu kita dinner. Gw ngga niat keluar jam 10 malem, jadi bray Reza aja yang nyari makan gw nungguin jaga lilin aja di kamar. Hahaha Untungnya Moritz ini terletak didaerah strategis, dibelakang Pasar Baru. Nah jadi buat cari makan gak bakal sulit. Tapi, sepulangnya Reza dengan membawa makanan ini, sumpaaaah mahal amat. Reza membeli 2 paket Ayam bakar + Nasi dengan harga @ 17.000 rupiah. wuidih. di jogja mah paling mahal kalo warung tenda bebakaran paling cuma 13 ribuan.

Check out jam 11 dan untungnya Bray Reza ini ga lelet, jadinya kita bisa cao jam 10 pagi dan menuju Pasar Baru dengan berjalan Kaki melewati sebuah pasar tradisional yang rame dan bechyeeekk -____-. Sampai di Pasar Baru, kita coba discover dulu.

Pasar Baru

Ternyata, Pasar Baru adalah tempat jualan baju, aksesoris, tas, sepatu dll grosiran, bisa murah beli kalau per kodi-an gitu. Over All, harga masih mendingan BERINGHARJO YOGYAKARTA meeeen~ haha

Selesai discover dan gw ngga tertarik. Gw dan Reza masa udah laper aja, jadilah kita memutuskan untuk sarapan menjelang makan siang. Kita memutuskan untuk mencoba makan Mie Yamin Pasbar. Ngasal aja sih, berhubung udah laper dan Reza juga lagi ngidam Mie Yamin. Yaudah lets, go !

Dekorasi ruangannya sih lumayan rapi, Rasa Mie Yamin nya juga enak, baksonya apalagi. Tapi harganya, MAHAL BRO ! Buset...
Kita pilih menu Yamien Bakso @ Rp. 17.500. dan Es teh dengan harga Rp. 4000/gelas. Oia Ada dikasih gratisan teh tawar segelas /orang.

Lanjut jalan kita memutuskan untuk mengunjungi Jalan Braga. Entah apa yang ada disana gw ngga tau. Jalannya lumayan jauh hiks... Oia ditengah - tengah perjalanan, Reza nawarin nyobain jajanan khas Bandung namanya Gonjing.

Sekilas tampak seperti Pukis, tapi dominan ada rasa ampas kelapa muda. Dimakan dengan taburan gula pasir putih.

Kita beli 5 potong @ Rp. 500 jadi total Rp. @ 2500.

Jalan Braga

Kita memilih mengunjungi Jalan Braga. Kata Reza sih, ini semacam kota tua yang ada di Jogja gitu. Jalannya tidak diaspal melainkan dipaving blok dengan jalan 1 arah. Kanan kiri jalan dipenuhi etalase butik, cafe, dan makanan fast food.

Kaki gw udah mulai kemeng banget. Sakit sumpah. Tapi gw belum mau nyerah, walaupun terik panas kita tetap lanjut berjalan demi keluar dari Jalan Braga untuk mencari Angkot. Sebab, di Jalan Braga ga bakalan nemu Angkot.

Destinasi Selanjutnya adalah Gedung Sate !  Dengan naik angkot @ Rp. 3500. Kita berhenti entah dimana gw ngga tau, soalnya gw udah cape banget dan males nanya-nanya ke Mas Navigator yang keliatannya sedang ragu karena ia sendiri belum tahu dimana lokasi Gedung Sate.

Dan ternyata, masya Allah kita kudu jalan jauuuuuuuhhh banget. Sampe cape banget deh gw. Di jalan yang kita lewati banyak banget tenda-tenda dadakan dipinggir jalan + mobil parkir untuk jualan baju dan lain-lain. Kita juga sempet ngambil gambar pohon awkward yang semua buahnya di bungkusin. I mean .. how to do that? ngebungkusin buah yang di pucuk pohon tinggi banget? dipanjatin gitu?

Ditengah perjalanan kita nemu ular hitam di parit !!! Kita juga mampir istirahat ke Taman Lansia?  kata Reza ini lebih dinamakan Taman Pemulung karna banyak pemulung yang tinggal dengan rumah kardus disitu. Entah ngarang entah beneran tahu tuh ...

Setelah 10 menit perjalanan akhirnya kita sampai ke Gedung Sate !

Gedung Sate

Ga banyak yang kita lakukan di gedung sate kecuali berfoto. Oia disana juga ada beberapa Patung Man. Semacam Manusia yang berdandan, bergaya dan berdiam diri layaknya patung.

Sayangnya gw lagi ga mood buat mengantri dan berfoto dengan mereka :)

Sesampainya di sebuah stadion, sedang ada panggung putih yang mungkin akan dijadikan tempat sebuah acara. Semacam bazaar. Disitu, kita istirahat dan berusaha menghubungi saudara gw. Sayang, tampaknya saudara gw terkesan 'menghindar', padahal gw sudah membawa sebuah oleh-oleh dengan tulus. Ah, biarlah...

Terlalu lelah kita mencoba untuk istirahat sebentar dan mengambil beberapa foto lagi haha.

Lama juga kita diskusi dan akhirnya memutuskan untuk mengunjungi Sentra Kaos Bandung di daerah Suropati.  Lagi - lagi, jalan kaki ! Cuaaaaaaaaaaapeeee -___________- masya Allah.

Di suropati, Mas Navigator ini berkurang kemampuannya. Kita berjalan dan semacam ..emm.. tersesat. Haha. Kita sempat nemu factory outletnya C59. Sebuah pabrik kaos yang biasanya jadi langganan pemerintah kalau ngadain event nasional dan bagi2 fasilitas kaos.  Ada juga beberapa butik. Tapi kita ga nemu semacam tempat yang terlihat sebagai sentra kaos. Kita malah tampaknya sedang memasuki daerah perkomplekan rumah orang.

I just Realized.  WE GOT LOST.

Haha, udahlah membawa sesat anak orang, ini Mas Navigator masih bisa cengengesan lol. Kita lalu mampir ke Alfamart untuk membeli perbekalan jajanan. Dan melanjutkan perjalanan lagi. Setelah keluar dari perkomplekan rumah, kita nemu jalan besar dan masih belum melihat tempat yang bisa dinilai sebagai Sentra Kaos. Langitpun mendung dan finally kita memutuskan untuk pulang saja. Karna khawatir akan hujan, gak nemu penginapan ataupun referensi untuk nginap dan jika memutuskan untuk pulang hari ini takut kemaleman lalu kehabisan bus pulang ke Jogja.

Kita naik angkot menuju Terminal Cicaheum, diiringi hujan sore yang membasahi Bandung. Sepanjang perjalanan kita sadar bahwa ternyata yang dimaksud Sentra Kaos adalah karna sepanjang perjalanan banyak banget kios/toko yang menawarkan pembuatan Kaos / Jaket.

Diambil dari angkot perjalanan menuju Terminal Cicaheum

Perjalanan sore menuju terminal Cicaheum Sangat sangat Macet dan lembab karna hujan. Setelah turun dari angkot. Kita segera membeli tiket Bus ke Jogja. Nyari bus budiman, ketemu. Tapi harganya mahal banget. Ternyata Ongkos pulang Bandung - Jogja lebih mahal daripada ongkos berangkat Jogja - Bandung. Semua Harga tiket bus @ Rp. 100.000 ++. Kalau dari Jogja sudah pasti lebih murah. Akhirnya kita memutuskan untuk menggunakan jasa Bus Aneka Jaya. Dan berangkat jam 18.00 Wib, meninggalkan Bandung yang MACET dan BASAH karna hujan.

Nah, Final Word. Good Bye Bandung ! Nice to know you :)

Sesampainya di Jogja sekitar pukul 06.00 pagi berhenti di terminal Giwangan.
Kita pulang menggunakan Trans Jogja (@ Rp. 3000) untuk sampai ke Terminal Jombor.
Dan, sekali lagi. Jalan Kaki, untuk sampai ke kost dan beristirahat.

Moral Value of being a Backpacker :
Gunakanlah sepatu yang nyaman
Dan jangan lelah berjalan :)