Looking for something ?

Homemade Cireng ♥ !


Hi ! 
Buat anak kost kaya gue, atau mungkin juga elo yang jelas banget hobi jajan, nah, ada resep sederhana nih cireng buatan sendiri. Haha. Rasanya? enak loh, beneran.

Mau jajan aja kok ribet? enakan tinggal beli? Salah ih, kalau buat sendiri kan lebih bersih, lebih awesome, prestasi juga tau ! Asal tau aja, cireng-cireng yang kita beli di gerobak mamang cireng itu minyaknya udah ga oke banget, nah kalau buat sendiri kan minyaknya masih baru dan bersih, lebih terjamin lah pokoknya. 

Nah, langsung aja ya :)

Ini resep gue serching sendiri di berbagai web dan blog siih, tapi dengan tips & trick sendiri :)




Cireng !

Bahan dan Bumbu :

(kalau gue sih yg namanya takaran pake perasaan doang :p yg beginian mah formalitas)

¼ kg tepung aci/ kanji/ tapioka 
1 sendok makan tepung terigu
2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang daun seledri, iris tipis
4 siung bawang putih, haluskan
½ sendok teh merica
1 gelas/ 200 ml santan
garam dan penyedap secukupnya
minyak untuk menggoreng

Cooking Time:

Campur tepung aci, terigu, merica, garam, penyedap, irisan daun bawang, seledri lalu aduk rata.
Tumis bawang putih, masukkan santan aduk dan masak sampai mendidih. 
Angkat dan langsung tuang ke dalam adonan tepung diuleni dengan tangan hingga kalis.
*kalis = adonan kental & padat dan ga lengket lagi di tangan
digoreng dengan minyak panas menggunakan api kecil hingga warnanya kecoklatan dan matang merata.


TIPS dari  gue ♥ 
♥ Biar enak, Jangan lupa cuci tangan dan baca basmalah, Bismillah~
♥ Ada sih orang yang pake air doang sebagai pengganti santan, tapi pakai santan lebih enak dan harum !
♥ Saat santan mendidih, matikan api. Tunggulah agak dingin sedikit. panas soalnya hahaha
♥ Tuangkan santan pada adonan para tepung dkk PERLAHAN & SEDIKIT DEMI SEDIKIT biar adonannya bisa kalis, ga kecairan ! :D
♥ Kalau mau dibentuk pakai tangan adonan cirengnya, olesi tangan dengan sedikit minyak goreng. Gue sih lebih suka dibentuk bulet2 kecil gitu biar unyuw :D 
♥ Saat menggoreng, panaskan apinya dulu sampe panas banget. lalu pas nge goreng cirengnya apinya dikecilin aja. Alasannya? Biar cirengnya ga meletup-letup :p

♥ DONE ♥

ini cireng buatan gue haha~ enak pisaaan :3

Kiri : Adonan Kalis Cireng siap goreng, agak kebanyakan, gue simpen di kulkas
Kanan : Cireng udah di goreng, siap makan. Gue bungkusin buat dikasih ke temen ♥


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Whatever you do, or DREAM you can, BEGIN it, Boldness has genius, power, and magic in it.