Looking for something ?

Luka Bakar Pada Kelopak Mata : Herpes Zoster atau Racun Serangga?




hi onion head
Hola, pengen cerita nih soal tragedi sakit yang menimpa saya diakhir bulan ini.
Yaitu adalah : 

Luka di kelopak mata~

Kesannya seperti terbakar dan melepuh.
Rasanya sakit dan perih.

Sabtu (24/05)
Awalnya saya sedikit demam dan merasa begitu letih, mata terasa panas, kelopak mata jika kena tangan / tergores rasanya perih. Hal ini belum begitu mengganggu saya.

Minggu (25/05)
Minggu pagi tiba-tiba terlihat ada sebuah luka kecil seperti melepuh namun tanpa air nanah di mata kanan. lalu ada luka lagi di sebelah mata kiri seolah kena cakar sedikit memanjang.

Karna saya pernah mengalami banyak sakit aneh hehe onion head mau ga mau, saya jadi panikan.
Lalu saya bertanya pada teman kos sambil memamerkan luka dikelopak mata saya.
Lalu teman saya berkata : "Hah, kok lukamu kaya kena herpes~"

crying3 onion head
WHAAAT?!
saya shock~

Panik, saya tanya beberapa teman kos yang lain. 
Ada teman kuliahan yang pengalaman kena herpes di kelopak mata, si Umu. Haha, ga keren banget punya pengalaman kaya gitu~ termasuk mas navigator yang juga pengalaman kena herpes di kulit siku... 

Temen kos ada yang bilang itu bukan herpes, ada yang bilang cuma luka cakar. Makin galau, saya nelpon si mamah. Karena gak punya riwayat herpes, mamah saya bilang paling itu cuma iritasi. Fine, daripada ga jelas gini, senin saya putuskan akan menemui dokter puskesmas aja yang deket.

Senin (26/05)
Setelah lama mengantri, akhirnya berhadapan lah saya dengan sang dokter. Anyway, pas di tendi darah tensi saya rendah katanya. Hiks, tekanan bathin ya jadi mahasiswa tingkat akhir crying1 onion head

Lalu begini lah wawancara dengan dokter puskemasnya.

Bu Dokter (BD) : Keluhannya apa mba?
Vitrie (V) : ini bu (mejamin mata, nunjukkin kelopak mata) lalu saya cerita panjang lebar soal kronologi dari hari sabtu sampai senin ini hihi termasuk curhat galau kena herpes apa bukan...
BD : Oh, kena racun serangga. Tomcat kali. Itu gak mungkin herpes, kalau herpes dia akan memusat pada satu daerah jaringan syaraf, kanan ya kanan aja, ga mungkin di dua kelopak mata/dua area, begitu.

Kemudian saya lega dan diberi obat salep Hydrocortisone 2,5% yang tube 5 gram (Oles tipis 2xsehari), Dexamethasone 0,5 mg 10 strip dan 10 tablet kuning gatau apaan (dosis 3xsehari).

Lagi, karna efek trauma sakit dan obat, saya googling soal obat-obatan ini sebelum mengkonsumsi. Buset, hasilnya nyeremin soal efek samping. Hydrocortisone termasuk obat keras, sedangkan Dexamethasone sejenis obat ketergantungan dan lain lain.

Serem~ bad atmosphere onion head

Lalu, saya putuskan untuk hanya meminum Dexamethasone  dan tablet kuning dosisnya 1xsehari dan salep Hydrocortisone oles tipis 2xsehari saja.

Btw, salepnya harus digunakan sangat hati-hati karena deket banget sama mata. Lalu harus tipis banget ! dan, tidak perlu treatment khusus untuk wudhu. Pakainya siang dan malam kalau saya mah~
lalu, luka jangan di sentuh apalagi ketika masih terkesan basah ya, di lap pakai tisu. lap nya jangan di gesek, tapi di tutul tutul gitu ya. Soalnya kalau masih basah, tergesek lalu kena kulit yang lain, nanti bisa tertular melebar lukanya~ begitu... cool onion head

Sekarang, Alhamdulillah setelah oles 2x salep lukanya mulai membaik  dan sudah mulai mengering cheer2 onion head


Screen Shot



Oia, awalnya masih ragu sama analisis dokternya. Maklum, pasien trauma kaya saya emang susah kalau sakit, kudu dapat penjelasan banyak banget dan merepotkan, hehe
tapi setelah baca beberapa info di internet yang banyak banget, barulah saya sedikit calm (^ ^")
hehe~

Rupanya, beda herpes dengan luka karna serangga (ga mesti tomcat juga loh ya, yang punya racun kaya tomcat) adalah, kalau luka herpes itu gatal, panas, perih. Kalau luka serangga terkesan perih namun tidak gatal. Dan, kalau herpes itu .. ah baca sendiri deh ini artikelnya saya Screen Shoot , hehe 

Selamat membaca ! 


Sumber : BACA DISINI



bye1 onion headbye1 onion headbye1 onion head

14 komentar:

  1. Mo tnya mbk, saya skrg lgi trkena pnyakit prsis sperti crita ny mbk. Klopak mata kanan, rasa ny perih dan panas. Buat ngedip j kerasa perih ny.

    Sy udh k dokter kt dkter herves, dksih salep, obt ttes mta juga, sma obt tblet gtuh 3 mcem. Udah 3 hri mlah gk da prubhan.
    Saya bingung skligus takut nich mbk.
    Gmn y mbk ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana? udah sembuh mbak?
      Maaf saya baru bisa check blog.
      Saya bukan dokter, dan saya orang yang sangta hati2 dalam mengkonsumsi obat.
      Penyakit herves itu agak lama sembuh, tidak boleh kena air, angin, dan pasien tidak boleh terlalu lelah.
      Syafakillah :)

      Hapus
  2. Sama mbak sekrang juga. Saya juga iya kedua kelopak mata kanan kiri dan kantung matanya seperti melepuh dan perih di sentuh.

    BalasHapus
  3. Sama mbak sekrang juga. Saya juga iya kedua kelopak mata kanan kiri dan kantung matanya seperti melepuh dan perih di sentuh.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum mba... entah kenapa ujung mata sebelah kana saya juga terasa terbakar gitu..
    Pas diliaat di kaca agak hitam kaya bekas kebakar gitu.. apa ini herves yah?

    Btw,, harus ke dokter apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikum'salam, ke dokter umum dulu mas.
      Jangan takut bertanya ke dokter dengan deitail ya:)

      Hapus
  5. Saya juga kayaknya kena tomcat nihh. 2 hari yang lalu nginap di asrama adek yang dekat dari persawahan. Alhasil paginya tiba2 kelopak mata kanan saya sampai ke pipi memanjang lanjut ke dagu 😢
    Rasanya perih kayak kebakar kalo disentuh apalagi. Udah saya kasih salep seadanya, minum obat antibiotok (amoxicillin) tp ga ada perubahan.. 😭
    Sekarang kelopak mata kanan saya bengkak. Jadi susah melihat. Lebih susah lagi karena mata saya yang berfungsi melihat hanya sebelah kanan ini..

    BalasHapus
  6. Saya juga kayaknya kena tomcat nihh. 2 hari yang lalu nginap di asrama adek yang dekat dari persawahan. Alhasil paginya tiba2 kelopak mata kanan saya sampai ke pipi memanjang lanjut ke dagu 😢
    Rasanya perih kayak kebakar kalo disentuh apalagi. Udah saya kasih salep seadanya, minum obat antibiotok (amoxicillin) tp ga ada perubahan.. 😭
    Sekarang kelopak mata kanan saya bengkak. Jadi susah melihat. Lebih susah lagi karena mata saya yang berfungsi melihat hanya sebelah kanan ini..

    BalasHapus
  7. Wah iya, pantesan udah 2 hari ini aku kayak gitu. Iya sih, pernah beberapa kali aku keliatan tomcat di kamarku. Dan lagi, sebelah kamarku sawah. Thanks mbak infonya

    BalasHapus
  8. Aku lg ngalamin nya sekarang, 2hr yg lalu kelopak mata sebelah kanan yg perih dan ujung2 nya ada bekas kaya luka bakar dan kemarin udh kering tp kok gantian yg sebelah kiri ini mulai perih juga,,aku heran nya kok gantian gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya karna mungkin bisa nular kalau disentuh. Nukar ke bagian tubuh lain yg disentuh sama tangan tsb

      Hapus



Whatever you do, or DREAM you can, BEGIN it, Boldness has genius, power, and magic in it.