Looking for something ?

Kronologis Kisah Instalasi Gawat Darurat (part 1)


Hai !
Kali ini gw pengen share cerita soal penyakit mengerikan yang gw derita akhir bulan mei 2013 lalu. Pada akhir cerita nanti bakal gw bahas hikmah dari kisah sakitnya gw itu.

Minggu-minggu yang sibuk

Awal mulai kondisi gw nge-drop disebabkan oleh minggu-minggu yang super sibuk. Padahal, untuk semester 6 gw cuma ngambil 17 sks. Ada kurang lebih 3 hari dalam seminggu gw libur karna ga ada mata kuliah yang gw ambil. Tapi, hal yang menghebohkan justru datang dari TUGAS mata kuliah tersebut yang Masya' Allah banyaknya. Dan tugas - tugas tersebut tidak kenal waktu datangnya, bertubi-tubi dan tidak berhenti, berkelanjutan, siang dan malam menyita banyak energi, waktu dan mengganggu ketenangan hidup.

Beberapa tugas yang menyulitkan adalah tugas besar berkelompok praktikum Client-Server (Membuat aplikasi penggajian karyawan dengan sejumlah syarat dan ketentuan udah kaya lomba aje). Ada juga tugas tanpa henti dan terus berlanjut dari mata kuliah penjurusan Sistem Cerdas yaitu Logika Fuzzy (Tugas membuat Sistem Pendukung Keputusan), Artificial Intelligence (Algoritma Genetika yang random abis) dan Pengenalan Pola (Hitungan super ruweeeet dan Proposal Tugas Akhir). Sebenernya mata kuliah pemrograman web juga menjengkelkan soalpembangunan WEB dengan menggunakan Framework
Code Igniter dan kudu di upload + berdomain serta harus bisa diakses online.

Disaat - saat seperti itu, gw lupa menghargai waktu istirahat. Gw lupa bahwa gw harus tetap toleransi sama kesehatan tubuh gw. Setelah begadang terus - menerus, makan ga teratur... Finally, tubuh gw nge-drop.

Nge-drop

Pada saat nge drop gw bersyukur. Karena timing-nya pas. Saat semua tugas sudah berakhir.
Tapi sayangnya, disaat yang sama...

Ujian Akhir Semester dimulai...

Demam

Yak, gejala awal adalah Demam. Saat itu hari rabu tanggal 28 Mei 2013, gw lagi ada kelas tambahan. Padahal, seharusnya hari rabu, GW LIBUR. Gegara ada jadwal tambahan, dari pagi sampai sore gw dikampus. Kala itu cuaca sedikit buruk, hujan lebah dan gw ngerasa udara dingin banget, mata gw berat dan nafas gw hangat. Gw tau, gw demam.

Gangguan Pencernaan - ISK (Infeksi Saluran Kencing)

Karena gw punya stok obat, maka gw minum  Sanmol.  Demam gw reda.
Tapi kambuh lagi dipagi hari. Hal ini berlanjut hingga 3 hari. Panas Demamnya naik turun. Gw khawatir, gejala DB (Demam Berdarah) soalnya lagi marak kasus penyakit itu dimusim pancaroba seperti saat - saat ini. Kebetulan temen gw baru masuk RS gegara DB saat itu memperkuat kecurigaan gw.
Yang memperparah adalah, entah kenapa.. gw jadi lebih sering kencing dan sakit saat kencing.
Jadilah gw ke Rumah Sakit tanggal 31 Mei 2013.

Dokter yang meriksa gw menganalisis penyakit gw dari keterangan yang gw berikan.  Untuk Demamnya, beliau menyarankan tetap minum Sanmol, dan untuk gangguan pencernaan yang mual dan muntah gw dikasih Metochlopramide alias obat anti-emetik (anti muntah) serta obat entah-apa-gw-lupa buat Infeksi Saluran Kencing.

Extra Pyramidal Syndrome

Pulang dari RS. Gw rutin konsumsi obat tersebut.

Hari Minggu, 2 Juni 2013.
Pukul 20.00.
Saat itu gw lagi beli makan. Lama banget nunggunya. Ada sekitar 1 jam.
Seperti rutinitas minum obat, gw udah minum obat Metochlopramide alias obat anti-emetik (anti muntah) 30 menit sebelum makan.

Tiba-tiba.. gw ngerasa leher gw tegang banget. Mata gw sakit. Mulut gw kaku. Gw tiba2 panik.
Gw khawatir perasaan cemas ini gara-gara maag gw kambuh. gw minta temen gw beliin roti. gw coba makan dan ga reda. begitu makanan dateng gw cabut pulang. di perjalanan pulang, tengkuk gw kaku banget.

Sampai kost, gw langsung minta pijet sama temen pake balsem. Tapi, ga reda sama sekali. 
Temen gw nyoba suruh tidur biar tenang. Gw coba. Makin Parah tegang di leher gw. Tangan-Kaki gw dingin. Gw khawatir ini gejala stroke karena otot gw kaku banget. 

Temen - temen kost yang ikut panik akhirnya manggil bapak kost. Gw dilarikan ke IGD.





Sampai di IGD Rumah Sakit yang sama yang kemarin, gw langsung ditangani dan diperiksa.
Kali ini BEDA DOKTER. jelas, mungkin gegara beda jadwal juga.

Dari keterangan gw soal minum obat Metochlopramide alias obat anti-emetik (anti muntah) dan sudah berlangsung selama 3 hari, gw didiagnosis menderita Extra Piramidal Sindrom.

Kondisi gw saat itu cukup ekstrim. Kepala gw terus - terusan mendongak keatas. Mata gw melotot melihat ke atas terus - terusan ke satu arah. Leher gw kaku. Tubuh gw sampai nyaris kayang ("-___-).  Ini kondisi kejang otot. Bapak kost, ibu kost dan temen kost mencoba mengehentikan aksi akrobatik kayang + kejang gw ini.. Mata gw udah nyaris putih membelalak ...

......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Whatever you do, or DREAM you can, BEGIN it, Boldness has genius, power, and magic in it.