Pertama - tama, mari kita pahami konsep - konsep dasar pemrograman seperti berikut :
}Komputer digunakan sebagai alat bantu penyelesaian suatu persoalan.
}Strategi pemecahan masalah diterapkan ke komputer dalam bentuk program.
}Paradigma sebagai pendekatan untuk menghasilkan suatu program.
}Semua pemrograman mempunyai dasar yang sama.
}Kita perlu tahu semua komponen yang ada dalam pemrograman apapun.
}Implementasi dan cara konstruksinya tergantung pada paradigma dan bahasa pemrogramannya.
---------
PARADIGMA PEMROGRAMAN
PARADIGMA - PARADIGMA DALAM PEMROGRAMAN
Paradigma Prosedural atau imperatif
Program dalam paradigma ini didasari pada strukturasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. memandang penyelesaian masalah sebagai hasil dari serangkaian langkah yang menyelesaikan sub masalah.
Kata Kunci :
Program = Algoritma + Struktur Data
Sangat tidak “manusiawi” dan tidak “alamiah”, berpikir dlm batasan mesin (komputer) Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Keuntungan = efisiensi eksekusi, karena dekat dengan mesin.
---
Paradigma Deklaratif, predikatif atau lojik
memandang penyelesaian masalah sebagai hasil inferensi terhadap fakta dan aturan yang diberikan. Sebuah program lojik adalah kumpulan aksioma (fakta dan aturan).Pemrogram menguraikan sekumpulan fakta dan aturan-aturan. Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. bahwa menyatakan setiap langkah program bukanlah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah hanya menyatakan apa yang perlu dilakukan, tanpa perlu menjelaskan langkah-langkahnya
---
Paradigma Berorientasi Objek (Object Oriented)
Didasari oleh objek. Sebuah objek mempunyai atribut (kumpulan sifat), dan mempunyai kelakuan (kumpulan reaksi, metoda) Paradigma ini menawarkan konsep class, generic, inheritance, polymorphism memandang penyelesaian masalah sebagai hasil interaksi dari kelas yang membentuk objek (objek dalam konsep ini merupakan representasi objek di dunia nyata)
---
Selain keempat paradigma di atas, masih ada paradigma yang lain, misal :
Paradigma konkuren, hubungannya dengan arsitektur perangkat keras. Paradigma relasional, yang didasari entity dan relasi, dan pemrograman dalam bahasa Query yang memungkinkan diperolehnya suatu himpunan nilai.
---
BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa (Language)
Suatu Sistem untuk berkomunikasi.
Bahasa tertulis menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata.
Dalam Ilmu Komputer :
Bahasa Manusia (Bahasa Alamiah)
Bahasa Komputer (Bahasa Pemrograman)
Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Kumpulan perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax) yang dapat dimengerti komputer yang berguna didalam penyelesaian masalah.
Ada banyak sekali bahasa pemrograman, mulai dari bahasa tingkat rendah (bahasa mesin dalam biner), bahasa asembler (dalam kode mnemonik), bahasa tingkat tinggi, sampai bahasa generasi ke empat (4GL).
Bahasa pemrograman berkembang dengan cepat sejak tahun enam puluhan, seringkali dianalogikan dengan menara Babel yang berakibat manusia menjadi tidak lagi saling mengerti bahasa masing-masing. Untuk setiap paradigma, tersedia bahasa pemrograman yang mempermudah implementasi rancangan penyelesaian masalahnya.
---------
PARADIGMA PEMROGRAMAN
1.Paradigma=Sudut Pandang Tertentu.
2.Bagaimana cara pandang kita terhadap penyelesaian masalah pemrograman.
3.Paradigma membatasi dan mengkondisikan jalan berfikir kita.
4.Hanya mengarahkan kita terhadap beberapa atribut & membuat kita megabaikan atribut lain.
5.Tidak boleh fanatisme terhadap sebuah paradigma, mempersempit wawasan.
6.Ada beberapa paradigma, masing2 mempunyai strategi analisis pemecahan tersendiri.
7.Suatu persoalan dapat dipecahkan menggunakan sebuah paradigma ataupun lebih.
8.Program harus dihasilkan dari proses pemahaman permasalahan, analisis, sintesis dan dituangkan menjadi kode secara sistematis dan metodologis.
PARADIGMA - PARADIGMA DALAM PEMROGRAMAN
Paradigma Prosedural atau imperatif
Program dalam paradigma ini didasari pada strukturasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. memandang penyelesaian masalah sebagai hasil dari serangkaian langkah yang menyelesaikan sub masalah.
Kata Kunci :
Program = Algoritma + Struktur Data
Sangat tidak “manusiawi” dan tidak “alamiah”, berpikir dlm batasan mesin (komputer) Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Keuntungan = efisiensi eksekusi, karena dekat dengan mesin.
---
Paradigma Deklaratif, predikatif atau lojik
memandang penyelesaian masalah sebagai hasil inferensi terhadap fakta dan aturan yang diberikan. Sebuah program lojik adalah kumpulan aksioma (fakta dan aturan).Pemrogram menguraikan sekumpulan fakta dan aturan-aturan. Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. bahwa menyatakan setiap langkah program bukanlah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah hanya menyatakan apa yang perlu dilakukan, tanpa perlu menjelaskan langkah-langkahnya
---
Paradigma Berorientasi Objek (Object Oriented)
Didasari oleh objek. Sebuah objek mempunyai atribut (kumpulan sifat), dan mempunyai kelakuan (kumpulan reaksi, metoda) Paradigma ini menawarkan konsep class, generic, inheritance, polymorphism memandang penyelesaian masalah sebagai hasil interaksi dari kelas yang membentuk objek (objek dalam konsep ini merupakan representasi objek di dunia nyata)
---
Selain keempat paradigma di atas, masih ada paradigma yang lain, misal :
Paradigma konkuren, hubungannya dengan arsitektur perangkat keras. Paradigma relasional, yang didasari entity dan relasi, dan pemrograman dalam bahasa Query yang memungkinkan diperolehnya suatu himpunan nilai.
---
BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa (Language)
Suatu Sistem untuk berkomunikasi.
Bahasa tertulis menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata.
Dalam Ilmu Komputer :
Bahasa Manusia (Bahasa Alamiah)
Bahasa Komputer (Bahasa Pemrograman)
Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Kumpulan perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax) yang dapat dimengerti komputer yang berguna didalam penyelesaian masalah.
Ada banyak sekali bahasa pemrograman, mulai dari bahasa tingkat rendah (bahasa mesin dalam biner), bahasa asembler (dalam kode mnemonik), bahasa tingkat tinggi, sampai bahasa generasi ke empat (4GL).
Bahasa pemrograman berkembang dengan cepat sejak tahun enam puluhan, seringkali dianalogikan dengan menara Babel yang berakibat manusia menjadi tidak lagi saling mengerti bahasa masing-masing. Untuk setiap paradigma, tersedia bahasa pemrograman yang mempermudah implementasi rancangan penyelesaian masalahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar